Posted in PENDIDIKAN

identifikasi masalah PTK jurusan Fisika SMP

Untuk meningkatkan hasil dan proses pembelajaran pada tingkat SMP khusus jurusan Fisika sangat penting seorang guru untuk bisa mengidentifikasi masalah-masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran. Dengan mengetahui masalah-masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran, seorang guru bisa mencari solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Apakah dengan menggunakan metode, model, pendekatan, media untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Kegiatan untuk menyelesaikan masalah dalam proses pembelajaran biasa dikenal dengan istilah PTK akan tetapi masih bersifat Hipotesis.

Beberapa masalah yang sering ditemui pada saat mengajarkan fisika di SMP, yaitu :

  • Motivasi siswa kurang dalam mempelajari fisika.
  • Siswa kurang percaya diri dalam mempelajari fisika dan merasa pelajaran fisika    sangat  sulit serta susah dipahami dan dimengerti.
  • Motivasi siswa kurang dalam mempelajari fisika.
  • Siswa kurang percaya diri dalam mempelajari fisika dan merasa pelajaran fisika sangat
  • Kurangnya minat siswa mengulangi dan berlatih menyelesaikan soal-soal.
  • Siswa merasa tertekan terhadap mata pelajaran IPA Fisika yang sarat dengan Rumus-rumus.
  • Siswa kurang memahami arti belajar fisika dan cenderung menganggap belajar fisika
  • seperti belajar matematika yang dibutuhkan daya ingat yang kuat dalam menghafal rumus-rumus.
  • Siswa kurang imajinatif dan kreatif dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan.
  • Rendahnya kemampuan perhitungan matematis siswa.
  • Rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep dasar Fisika
  • Siswa cenderung menyukai soal yang persis sama dengan contoh yang diberikan.
  • Siswa merasa cepat bosan pada saat guru mulai menjelaskan tentang cara-cara penurunan rumus-rumus pelajaran IPA Fisika.
  • Siswa kurang memahami soal yang diberikan sehingga jawaban yang diberikan sangat jauh dari harapan.
  • Laboratorium kurang memadai dan bahkan tidak ada laboratorium yang dapat digunakan untuk melakukan eksperimen yang membutuhkan alat khusus.
  • Kurangnya minat siswa mengulangi dan berlatih menyelesaikan soal-soal.
  • Siswa merasa tertekan terhadap mata pelajaran IPA Fisika yang sarat dengan Rumus-rumus.
  • Siswa kurang memahami arti belajar fisika dan cenderung menganggap belajar fisika seperti belajar matematika yang dibutuhkan daya ingat yang kuat dalam menghafal rumus-rumus.
  • Siswa kurang imajinatif dan kreatif dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan.
  • Rendahnya kemampuan perhitungan matematis siswa.
  • Rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep dasar Fisika
  • Siswa cenderung menyukai soal yang persis sama dengan contoh yang diberikan.
  • Siswa merasa cepat bosan pada saat guru mulai menjelaskan tentang cara-cara penurunan rumus-rumus pelajaran IPA Fisika.
  • Siswa kurang memahami soal yang diberikan sehingga jawaban yang diberikan   sangat  jauh dari harapan.
  • Laboratorium kurang memadai dan bahkan tidak ada laboratorium yang dapat   digunakan untuk melakukan eksperimen yang membutuhkan alat khusus.[Ai]

sumber : http://www.artikelind.com/2011/06/identifikasi-masalah-ptk-jurusan-fisika-smp.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s