Posted in KULINER NUSANTARA

MAKANAN KHAS MALANG JAWA TIMUR

Jalan Jalan ke Malang jangan sampai terlewat tanpa mencoba makanan khas Malang yang terkenal enak dan lezat seantero Indonesia. Malang, salah satu kota di Jawa Timur yang sangat populer dengan produk buahnya yaitu apel malang. Tempat wisata di Malang juga cukup dikenal dan banyak wisatawan baik dalam negeri maupun manca negara berkunjung kesana. Tidak heran, kuliner khas Malang menjadi tersebar kemana-mana. Bagi sobat yang sedang di Malang, melakukan wisata kuliner di Malang tentu sangat mengasyikan. Karena banyak tempat makan enak di Malang dan sering dikunjungi oleh orang-orang terkenal seperti artis maupun pejabat tinggi pemerintahan.

Pada artikel ini kami bukan mau membahas tempat makan di Malang, tapi mau memberikan informasi ke sobat mengenai makanan khas Malang. Biasanya, ketika sudah sampai kota tujuan wisata pasti mencari apa ya yang khas dari kota ini, termasuk Malang. Kuliner khas Malang apa saja dan oleh oleh khas Malang yang biasa dibawa oleh para wisatawan itu apa saja, simak saja di artikel ini, yuk.

Makanan khas Malang Paling Enak dan Populer

1. Bakso Malang

bakso-malang makanan khas Malang

source: gophoto.us

Ini makanan khas Malang yang sudah terkenal di seluruh Indonesia bahkan mungkin sudah sampai ke luar negeri. Memang banyak masakan khas Indonesia berupa bakso, namun bakso Malang memiliki keistimewaan tersendiri. Dari penyajiannya, bakso Malang juga sangat unik, menampilkan ciri Malang sekali. Resep bakso Malang menggunakan berbagai bahan rempah yang ada di Indonesia dengan bahan utama adalah daging sapi. Biasanya disajikan bersama dengan mie kuning, siomay, tahu, pangsit goreng serta kuah enak yang panas.

Baca juga: Makanan Khas Jawa Timur Paling Dicari

Masakan khas Malang ini banyak sekali penggemarnya termasuk para pemimpin negara kita, Presiden. Sehingga di Malang ada satu kedai Bakso Malang yang selalu dikunjungi oleh Presiden2 di Indonesia sehingga dinamakan bakso Presiden. Bakso ini sangat terkenal dan sudah ada sejak tahun 1972. Kalau sobat mau makan di Bakso Presiden, lokasinya ada di Jalan Batanghari No. 5 Malang.

2. Rawon

masakan khas malang nasi rawon

Makanan khas Malang selanjutnya yang sangat kami rekomendasikan untuk sobat adalah Rawon. Kuliner khas Malang ini juga sudah sangat populer di Indonesia. Rawon sudah menjadi menu favorit bahkan menjadi menu utama di hotel dan restoran terkenal. Apa yang istimewa dari Rawon Malang sehingga menjadi makanan mewah? Dilihat dari penampilannya memang rawon sangat istimewa.

Meskipun terlihat hitam, tapi ketika mencoba mencicipi rasanya super mantab. Rawon terbuat dari daging sapi yang diberi kuah berwarna hitam. Warna hitam itu berasal dari bumbu khas namanya klewek atau kluwek. Silahkan sobat rasakan dan nikmati kelezatan nasi rawon kuliner asli Malang.

3. Cwie Mie

Cwie Mie kuliner khas malang

Mungkin terdengar aneh ditelinga nama makanan khas Malang ini yaitu “Cwie Mie”. Namun kata belakangnya Mie, memang Cwie Mie berbahan dasar mie. Sajian Cwie Mie kuliner khas Malang, mirip dengan mie ayam, perbedaannya pada sayuran yang digunakan dan tekstur ayamnya. Kalau mie ayam menggunakan sayur sawi dan ayamnya lebih kasar/ tebal. Kalau Cwie Mie menggunakan sayur selada dan daging ayamnya lebih halus. Selain itu, daging ayamnya sedikit asin dan berwarna polos berbeda dngan mie ayam yang berwarna coklat dan rasanya lebih manis. Pasti sobat penasaran kan dengan masakan khas Malang ini? Jangan lupa nikmati Cwie Mie dengan kuah yang gurih dan aromanya mantab.

4. Sego Goreng Mawut

nasi Sego Goreng Mawut makanan khas malang

Masih tentang masakan khas Malang yaitu Sego goreng mawut. Sajian nasi goreng memang banyak pada kuliner khas Indonesia termasuk di Malang. Keistimewaan dari sego/ nasi goreng mawut Malang adalah adanya perpaduan antara nasi dan mie goreng. Pasti menikmati nasi goreng biasa dengan sego goreng mawut makanan khas malang ini pasti berbeda dan memiliki sensasi tersendiri di lidah. Kuliner Malang ini banyak ditemukan di berbagai tempat di Malang.

5. Orem-orem

Orem-Orem-masakan khas malang

Berlanjut ke makanan khas Malang lainnya yaitu orem orem. Kuliner khas Malang ini diracik menggunakan bahan seperti ketupat, tempe dan ayam. Ayamnya sendiri telah dimasak bersama dengan kuah bersantan kental. Orem orem disantap bersama dengan ketupat yang diris, tauge rebus dan tempe selanjut disiram dengan kuah kental yang enak rasanya. Ciri khas orem orem adalah rasanya agak pedas.

6. Soto Kambing

soto-kambing kuliner malang

Berbeda dengan kebanyakan resep soto yang biasanya menggunakan daging sapi atau daging ayam sebagai bahan utamanya. Makanan khas Malang ini menggunakan daging kambing sebagai bahan utama untuk membuat soto. Soto kambing merupakan makanan tradisional Malang yang dibuat dengan cara alami. Pembuatannya saja masih menggunakan kayu bakar, sehingga aromanya tetap segar dan alami. Soto kambing dijual oleh penjual pikulan, tepatnya di Malang Utara arah ke Batu.

7. Wedang Angsle

minuman khas tradisional malang wedang amgsle

Selanjutnya beralih ke minuman khas Malang yaitu wedang Angsle. Kalo sobat pernah mencoba wedang ronde, bentuk dan rasa wedang Angsle seperti wedang ronde. Isinya juga hampir miriplah sama wedang ronde, ada kacang tanah dan roti. Perbedaannya mungkin pada putu mayang, kacang hijau yang telah direbus, bubur mutiara, tape singkong dan ketan putih hasil kukusan. Perbedaan lain, wedang angsle menggunakan santan, kalau wedang ronde tanpa santan. Mengkonsumsi wedang Angsle di Malang pada malam hari adalah pilihan pas, mengingat Malang adalah daerah dengan suhu udara dingin terutama di malam hari.

8. Bakso Bakar

bakso-bakar makanan khas malang

Selain bakso malang, makanan khas Malang lainnya yang berupa bakso adalah bakso bakar. Namanya saja bakso bakar, pasti pengolahannya dengan cara dibakar. Bakso yang telah direbus, kemudian ditusuk seperti sate lalu dibakar. Bumbu yang digunakan adalah sambal kecap yang dicampur dengan saos.

9. Menjes Malang

Menjes_makanan ringan khas malang gan

Sisa pengolahan tahu bagi masyarakat Indonesia memang masih sangat berguna. Di beberapa daerah bahkan diolah menjadi makanan yang rasanya enak. Seperti halnya di Malang, ampas tahu dimanfaatkan untuk membuat kuliner khas Malang yaitu Menjes. Menjes adalah hasil pengolahan ampas tahu yang difermentasikan. Bentuk akhirnya seperti tempe. Menjes digoreng dengan tepung dan disantap selagi hangat adalah kenikmatan tersendiri. Apalagi jika ditambah dengan cabe rawit hijau, makin nikmat rasanya.

10. Mendol Tempe

mendol-tempe-cemilan ringan malang

Makanan khas malang terakhir yang kami rekomendasikan untuk sobat adalah mendol. Mendol dibuat dari tempe, dengan bentuk lonjong seperti comro. Untuk membuat mendol, tempe dihaluskan terlebih dahulu baru kemudian dibentuk bulat dan dilonjongkan. Baru setelah itu dibumbui dan digoreng.

Oleh Oleh Khas Malang, Jangan Sampe Ketinggalan

Berwisata ke luar kota tanpa membawa oleh oleh rasanya seperti hampa dan seperti tidak piknik. Kalau sobat bingung mencari oleh oleh khas Malang untuk dibawa kembali ke kota asal, ini kami berikan rekomendasi oleh oleh khas Kota Malang.

1. Aneka keripik

aneka keripik oleh oleh khas malang

Selain dikenal sebagai pusat kuliner dan wisata, Malang juga terkenal dengan keripiknya. Banyak keripik hasil olahan masyarakat Malang yang unik dan mungkin sobat akan terheran-heran. Hampir semua produk makanan bisa dijadikan keripik di Malang. Ada keripik tempe, singkong, keripik aneka buah. Kalau keripik buah apel pasti ada di kota Malang. Rasanya pun bermacam-macam, mulai dari rasa balado, jagung manis, jagung bakar, keju dan lain-lain.

Kalau sobat mau mencari makanan khas Malang berupa keripik untuk dijadikan oleh oleh khas Malang, datang saja ke Jalan Sanan. Di daerah Sanan Malang ada pusat industri pengolahan keripik asli Malang. Ada toko keripik yang cukup terkenal di Sanan Malang, yaitu Toko Keripik Tempe Alnier. Tepatnya di Jalan Sanan No 142, Malang.

2. Pia

Oleh-oleh khas Malang Kue Pia

Oleh oleh khas Malang selanjutnya yaitu Pia. Makanan ringan dari Malang ini lebih awet dan tahan lama. Salah satu toko penjual pia Malang ada Toko Kue Pia Cap Mangkok. Pia mirip dengan makanan khas Jogja yaitu bakpia pathok, perbedaannya pia Malang lebih kering. Rasa Pia yang bisa dipilih adalah rasa coklat, kacang hijau, rasa keju, durian bahkan kopi.

Setelah tahu apa saja makanan khas Malang, kira-kira sobat akan mencoba dulu yang mana? Yang berkuah atau tidak berkuah. Atau mau sekalian beli oleh oleh khas Malang seperti pia atau keripik apel. Demikian informasi kuliner khas Malang ini, mudah-mudahan bermanfaat.

 

sumber : http://sobatinfo.com/makanan-khas-malang/

Advertisements