Posted in PENDIDIKAN

pengaruh perilaku terhadap prestasi belajar bahasa arab siswa

 

A. Latar Belakang

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sangat pesat dan dalam perkembangannya tidak dapat dilepaskan dengan dunia pendidikan dan hal ini memberikan dampak yang sangat besar bagi dunia pendidikan itu sendiri, pendidikan merupakan salah satu untuk menumbuh dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan pendidikan tidak bisa dilepaskan dengan masyarakat karena realisasi konsep-konsep pendidikan terjadi pada llingkungan sosial, dimana lingkungan sosial dipengaruhi oleh teknologi. Pendidikan menumbuhkan sikap dan tekad kemandirian manusia  dan masyarakat Indonesia dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam rangka meningkatkan kesejahteraan lahir dan bathin yang lebih selaras, adil, makmur dan merata.

Pengaruh teknologi dalam pendidikan terlihat dalam penentuan tujuan pendidikan yaitu: “Untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap tuhan yang maha esa, berbudi pekerti yang luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tanggguh, cerdas, kreativ, terampil, profesional, bertanggung jawab, dan produktif serta sehat jasmani dan rohani” (TAP. MPR, 1993,:95)

Dalam perkembangan teknologi dan pasar bebas pada zaman sekarang ini bahasa adalah salah satu faktor yasng sangat penting bagi manusia dalam rangka interaksi sosial maupun untuk pengembangan diri karena bahasa adalah penomena sosial dalam artian sebagai alat komunikasi antar individu. Juga membawa manusia berinteraksi dengan alam sekitarnya serta untuk mendapatkan informasi. Bahasa Arab adalah salah satu bahasa asing yang sangat penting bagi umat Islam karena bahasa arab adalah salah satu literatur untuk memahami Islam. Dengan penguasaan bahasa Arab yang baik maka akan lebih mudah memahami Al-quran yang merupakan kitab suci ummat Islam dan sebagai pedoman hidupnya, dengan demikian pemahaman Al-quran yang baik maka serta merta akan terpancar nilai- nilai moral dan akhlak mulia dalam krhidupan sehari-hari. Kehidupan yang damai dan sejahtera akan tumbuh dan berkembang.sebagai firman Allah SWT.

إنا أنزلناه قرآنا عربيا لعلكم تتفكرون

Terjemahnya :

“Sesungguhnya kami turunkan Al-quran dalam bahasa Arab agar kamu berpikir” (QS. Yusuf : 2 )

Dengan makin mendalam memahami bahasa Arab maka makin memahami al-quran sebagai sumber Ilmu Pengetahuan  dengan sendirinya ummat islam bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman (tidak ketinggalan) tanpa meninggalkan nilai-nilai moralitas dan religius.

Untuk meningkatkan penguasaan bahasa Arab seharusnya dimulai dari SD, SMP, SMU, sampai level Perguruan Tinggi harus diajarkan dan masuk pada kurikulum pendidikan. Karena fungsi bahasa adalah:

“ Sebagai alat pengembangan diri siswa dalam bidang Ilmu Pengetahuan, teknologi, dan seni budaya. Dengan demikian mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi warga negara yang cerdas, trampil, dan brekepribadian, serta siap mengambil bagian dalam pendidikan nasional” (GBPP,1993: 1)

Adapun target pengajaran bahasa Arab, ialah” siswa dapat memiliki ketrampilan membaca, menyimak, berbicara……(GBPP,1993: 1)

Mengingat pentingnya bahaa arab di Madrasah Tsanawiyah (MTSN) Model Makassar. Maka guru seyogyanya memahami dan menghayati GBPP bidang studi yang diajarknnya agar proses belajar mengajar dapat  dimengerti oleh peserta didiknya sebab pengajaran bahasa arab merupakan tonggak perkembangan dan pembinaan mereka selanjutnya. Untuk mengetahui pengaruh pola prilaku terhadap prestasi belajar bahasa Arab pada siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Makassar  Melalui prestasi belajar bahasa arab siswa dapat diperolah gambaran tingkatan keberhasilan pelaksanaan program mata pelajaran bahasa Arab di MTsN Model  Makassar. Penting artinya bagi penyusunan program dan pelaksanaan mata pelajaran bahasa Arab  selanjutnya. Prestasi belajar bahasa Arab siswa dapat digambarkan dalam bentuk nilai-nilai yang diperoleh siswa pada setiap mata pelajaran bahasa arab.

 

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian- uraian yang dikemukakan oleh penulis diatas, maka dapatlah penulis menarik beberapa pokok permasalahan sebagai berikut :

  1. Bagaimana kerelevansian perilaku siswa terhadap prestasi belajar bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Model Makassar.?
  2. Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi prestasi belajar bahasa arab siswa pada mata pelajaran bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Model Makassar ?
  3. Upaya-upaya apakah yang dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa arab siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Model Makassar ?

C. Hipotesis

Untuk menjawab permasalahan –permasalahan diatas, maka penulis dapat mengemukakan hipotesis sekaligus merupakan langkah awal dalam pembahasan skripsi ini yaitu;

  1. Prilaku siswa sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Model Makassar.
  2. Faktor-faktor yang dimaksud adalah faktor internal (dalam diri anak didik) sebagai pendukung dalam peningkatan prestasi belajar siswa yang meliputi faktor, psycologi, jasmani, kelelahan. Sedangkan faktor eksternal meliputi, keluarga, sekolah, masyarakat.

Upaya yang dilakukan antara lain : peningkatan mutu pengajar, pelaksanaan kurikulum, pembenahan administrasi dan pembenahan fasilitas sekolah dan lain sebagainya.

D. Pengertian Judul

Untuk memahami lebih jauh pembahasan skripsi ini tentulah haruslah memahami dan mengetahui judul dalam skripsi ini, maka penulis akan mengemukakan pengertian beberapa kata dalam judul skripsi ini Pengaruh pola Prilaku Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab pada Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) Model Makassar. Secara rinci yaitu sebagai berikut:

  1. Pengaruh adalah daya yang ada atau timbul dari  sesuatu (orang, benda dan sebagainya) yang berkuasa atau yang berkekuatan, misalnya “pengaruh orangtua kepada anaknya untuk menyelesaikan suatu pertikain atau persoalan).[1]
  2. Prilaku adalah. Tanggapan atau reaksi terhadap rangsangan atau lingkungan.[2]
  3. Kata prestasi dalam kamus besar bahasa Indonesia ialah Hasil usaha yang telah dilakukan dan dapat dicapai.[3]
  4. Belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai hasil pengalaman.[4]

E. Tinjauan Pustaka

Melihat judul skripsi yang akan penulis bahas, dapat dipahami bahwa penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan. Namun demikian, untuk menunjang pembahasannya dibutuhkan buku-buku atau karangan yang menjadi pijakan dan literatur teori dalam melakukan penelitian yaitu buku-buku yang relevan dengan pembahasan skripsi ini antara lain, belajar dan faktor yang mempengaruhinya oleh Syaiful Bahri Djamari, pengantar statistik Pendidikan oleh Drs. Anas Sadjiono, metodologi research oleh Sutrisno Hadi masalah-masalah ilmu keguruan oleh Dra. Roestiyah thn 1981.

Sejauh pengamatan penulis, judul ini belum pernah dibahas atau ditulis oleh siapapun baik dalam bentuk skripsi, tesis, ataupun desertasi. Dengan demikian  tulisan ini dapat dipertanggung jawabkan obyektivitasnya juga diharapkan jadi barometer  dan literatur untuk peningkatan mutu prestasi belajar bahasa Arab pada Madrasah Tsanawiyah Model Makassar.

Metode Yang Digunakan

Dalam penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan beberapa metode baik itu dari pengumpulan data maupun pengolahan data:

1. Metode Pengumpulan Data

Library  Research yaitu, pengumpulan data yang berdasarkan penelaahan buku-buku ilmiah yang ada hubungan dengan judul yang akan dibahas dalam skripsi ini.

Field research. Yaitu pengumpulan data, penulis langsung pula terjun kelapangan guna mengadakan:

  • Observasi yaitu penulis mengadakan pengamatan secara langsung serta      mencatat secara sistematis serta hal- hal yang berhubungan dengan judul ini.
  • Interview : yaitu mengadakan wawancara langsung dengan guru bidang studi bahasa Arab serta siswa yang mempunyai sangkut paut dengan judul ini guna mendapatkan data.
  • Dokumentasi; yaitu cara memperoleh data atau beberapa keterangan dengan jalan mencatat dokumen-dokumen tertulis yang mempunyai sangkut paut dengan judul ini.

2. Metode Pengolahan Data

Data yang penulis kumpulkan baik telaah perpustakaan maupun lapangan  yang selanjutnya penulis kembangkan dan mengolahnya dalam bentuk analisis untuk mencapai tujuan ini, penulis menggunakan beberapa metode yaitu:

  • Metode Induktif, yaitu suatu cara penganalisaan data atau tehnik penyusunan yang dimulai dari uraian yang bersifat khusus menuju kepada uraian yang bersifat umum
  • Metode Deduktif, yaitu suatu cara penganalisaan data atau tehnik penyusunan yang dimulai dari uraian yang bersifat umum kepda uraian yang bersifat khusus.
  • Metode Komparatif, yaitu suatu cara menganalisa data atau tehnik penyusunan data yang membanding-bandingkan antara satu uraian dengan uraian yang lain kemudian menarik satu kesimpulan
  • Metode statistik, yaitu suatu penganalisaan data atau tehnik penyusunan data berupa angka-angka yang dikumpulkan sehingga memberikan informasi yang berkaitan dengan masalah judul.

F. Tujuan dan Kegunaan

Dalam penyusunan karya tulis ilmiah yang memerlukan penelitian, tentunya mempunyai tujuan dan kegunaan yang dapat dijadikan rujukan, oleh karena itu yang menjadi tujuan penelitian ini adalah:

  1. Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh prilaku terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa di MTsN Model Makassar
  2. Untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi prestasi belajar siswa pada pelajaran bahasa Arab

Sepengetahuan peneliti, bahwa masalah ini belum pernah diteliti atau dibahas oleh siapapun, sehingga peneliti merasa perlu dan berkewajiban untuk ikut serta berpartisipasi dalam rangka memacu peningkatan prestasi belajar siswa.

Kegunaan:

Adapun yang menjadi kegunaan penelitian ini adalah:

  1. Dapat dijadikan bahan rujukan bagi peneliti berikutnya dan sebagai bahan bacaan mahasiswa.
  2. Dapat dijadikan bahan acuan dalam penetapan kebijakan sekolah.

G. Garis-Garis Besar Isi

Untuk mengetahui secara singkat gambaran isi skripsi ini maka penulis memberikan gambaran dengan membagi dalam lima Bab yaitu sebagai berikut:

Bab pertama pendahuluan yang berisi latar belakang, rumusan masalah kemudian menetapkan hipotesis-hipotesis yang nantinya akan diuji kebenarannya dalam pembahasan selanjutnya, kemudian dilanjutkan dengan pengertian judul, dan di dalam penyusunan, penulis menggunakan metode mulai dari pengumpulan data sampai dengan pengolahan data dan terakhir dari bab ini memuat garis-garis besar isi skripsi ini.

Bab Dua yang terdiri dari tinjauan pustaka dan disini akan membahas definisi prestasi belajar, kemudian faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar.

Bab Tiga akan membahas metode yang digunakan dalam penelitian yang dimulai dari populasi, instrumen penelitian, kemudian metode pengumpulan data dan teknik analisis data.

Bab Empat, gambaran umum MTsN Model Makassar, kemudian faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab, selanjutnya upaya-upaya strategis didalam peningkatan prestasi belajar siswa.

Bab Lima, bab penutup yang meyimpulkan seluruh pembahasan isi skripsi ini secara umum yang diikuti saran-saran jika dianggap perlu.

I..  KERANGKA ISI

BAB I   PENDAHULUAN

A. latar belakang

B. Perumusan Masalah

C. Hipotesis

D. Pengertian Judul

E. Tujuan dan Kegunaan penelitian

F. Garis-garis besar isi Skripsi

BAB II. TINJAUAN PUSTAKA

A. Kerelevansian Prilaku dan Prestasi Belajar

B. Pengertian Prilaku

C. Pengertian Prestasi

D. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Belajar

BAB III. METODE PENELITIAN

A. Populasi dan Sampel

B. Instrumen Penelitian

C. Prosedur Pengumpulan Data

D. Teknik Analisis Data

BAB IV. HASIL PENELITIAN

A. Gambaran Umum MTsN Model Makassar

B. Wujud Prestasi Belajar Bahasa Arab pada MTsN Model Makassar

C. Upaya-upaya dalam Peningkatan Prestasi Belajar.

BAB V. PENUTUP

A. Kesimpulan

B. Implikasi Penelitian

 

sumber : http://www.artikelind.com/2011/04/pengaruh-prilaku-terhadap-prestasi-belajar-bahasa-arab-siswa.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s