Posted in PENDIDIKAN

teori Gagne tentang belajar

gagne beranggapan bahwa hirarki belajar itu ada,sehingga penting bagi guru untuk menentukan urutan materi belajar yang harus diberikan. materi belajar yang harus diberikan. Materi-materi yang berfungsi prasyarat harus diberikan terlebih dahulu. Keberhasilan siswa belajar kemampuan yang lebih tinggi, ditentukan oleh apakah siswa itu memiliki kemampuan belajar yang lebih rendah atau tidak.

Kemampuan manusia sebagai tujuan belajar menurut Gagne dibedakan menjadi 5 kategori, yaitu :

1) Keterampilan intelektual

2) Informasi verbal

3) Strategi kognitif

4) Keterampilan motorik

5) Sikap Untuk mencapai hasil belajar yang demikian maka proses belajar mengajar harus memperhatikan kejadian instruksional yang meliputi

a) Menarik perhatian,

b) Menjelaskan tujuan,

c) Mengingat kembali apa yang telah dipelajari,

d) Memberikan materi pelajaran,

e) Memberi bimbingan belajar,

f) Memberi kesempatan,

g) Memberi umpan balik tentang benar tidaknya tindakan yang dilakukan,

h) Menilai hasil belajar, mempertinggi retensi dan transfer.

sumber : http://www.artikelind.com/2011/06/teori-gagne.html

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s