Blog

Posted in KESEHATAN

pentingnya menjaga kesehatan

PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN

 Menjaga Kesehatan sangatlah penting dalam kehidupan sebab itu adalah langkah yang baik untuk menjalani seluruh aktivitas dalam mencapai tujuan hidup ,jika kesehatan terganggu maka akan mempengaruhi seluruh hasil yang akan kita dpatkan juga dalam mencapai tujuan hidup nantinya.

Cara terbaik menjaga kesehatan
Satu Satunya sesuatu yang berharga di dunia ini selain kehormatan adalah kesehatan, untuk itu kita jangan malas untuk menjaga kesehatan apalagi menyia nyiakan dengan cara melakukan sesuatu yang bisa merusak kesehatan, banyak orang demi kesenangan tak segan segan merusak kesehatan dengan cara minim alcohol,yabu, zina, mencuri dll, perlu di ingat juga bahwa kesehatan itu bukan sekedar kesehatan fisik saja tapi juga kesehatan hati pikiran ekonomi sosial moral dan ritual, nah berikut ini ada beberapa tips bagaiamana cara menjaga kesehatan yang baik dan sederhana.
Memiliki tubuh dan badan yang sehat seumur hidup adalah dambaan setiap orang. Namun situasi dan kondisi lingkungan sekitar kita serta bervariasinya daya tubuh seseorang terhadap penyakit membuat hal impian tersebut sulit untuk dicapai. Semua orang pasti pernah sakit, namun resiko sakit dapat diminimalkan atau dikurangi resikonya dengan memperhatikan hal-hal berikut ini :


  1. Istirahat / Tidur

    Waktu yang diperlukan manusia normal untuk tidur kurang lebih 8 jam sehari atau sepertiga hari. Waktu tidur akan bertambah sesuai usia, di mana bayi, anak kecil dan manula membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak dari orang dewasa dan anak muda. Tidur yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan energi di dalam tubuh, sehingga dapat menghindarkan diri kita dari berbagai serangan penyakit yang merugikan.
    2. Makanan
    Makanlah makanan yang bergizi secara teratur, tidak berlebihan dan tidak kurang. Kelebihan makanan dapat meningkatkan kadar gula dalam darah yang akhirnya menimbulkan penyakit kencing manis yang sangat berbahaya. Kekurangan makan juga dapat menyebabkan kurang gizi, darah rendah, lesu, dan sebagainya. Perhatikan pula kandungan gizi sesuai takaran yang wajar, karena berlebihan suatu zat tidak baik untuk kesehatan.
    3. Kondisi Psikis / Psikologi
    Jangan terlalu stres dengan berbagai hal dalam hidup anda. Buat apa susah, lebih baik kita bergembira. Jika pekerjaan anda membuat anda stres dan pusing tujuh keliling terus-menerus maka sebaiknya anda mulai mencari peluang bisnis atau pekerjaan lain yang tidak banyak membuat anda stres. Bila anda punya masalah ada baiknya anda bicarakan dengan orang lain yang dekat dengan anda. Beban psikis dan pikiran dapat mempengaruhi daya tahan tubuh yang efeknya dapat mengundang penyakit jasmaniah dan rohaniah. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Luangkan waktu anda untuk sesuatu yang menyenangkan bagi diri anda sendiri dan jangan sekali-kali lari ke minuman keras dan narkoba.
    4. Daya Tahan Tubuh
    Tingkatkan daya tahan tubuh anda dengan mengkonsumsi berbagai makanan atau minuman alami yang dapat menangkis serangan kuman dan penyakit. Membiasakan diri dengan jamu-jamuan tradisional atau sering minum teh kental pahit setiap hari dapat mengingkatkan zat anti oksidan dalam tubuh untuk melenyapkan zat radikal bebas dari alam sekitar yang merugikan kesehatan kita.
    5. Ekonomi Finansial
    Memiliki penghasilan yang cukup untuk keperluan sehari-hari dan tabungan untuk masa depan yang halal akan membuat hidup anda tenang lahir dan batin. Jika anda masih berjuang dengan kebutuhan dasar maka rubahlah pola pikir anda. Bekerja sama dengan istri, suami atau kawan anda untuk merintis sebuah usaha yang memiliki peluang serta prospek yang baik, siapa tahu bisa sukses dan membuat anda terbebas dari masalah finansial. Jangan hidup boros, dan mulailah hidup sederhana walaupun penghasilan anda besar.
    6. Sosial
    Hiduplah yang rukun dengan tetangga anda di lingkungan sekitar anda. Perbanyak teman dan relasi serta jauhi permusuhan dan segala sifat dan sikap buruk pada orang lain. Istilahnya seribu teman masih kurang, satu musuh kebanyakan.sudah kebanyakan. Memiliki hubungan yang baik dengan para tetangga dan saudara sangat menguntungkan bagi anda, karena mereka dapat menolong anda sewaktu-waktu anda membutuhkannya. Pemilihan teman juga sangat penting. Pilihlah teman yang baik-baik yang bisa membantu anda dan tidak akan menjerumuskan atau merugikan anda. Timbal balik pun juga penting, di mana anda harus memberikan bantuan pada orang lain yang membutuhkan pertolongan. Kehidupan sosial yang baik dan sehat dapat membuat anda rileks dan dapat mengurangi resiko terkena gangguan kejiwaan baik yang ringan maupu yang berat.

    Narasumber  :

    http://tituit.com/index.php?do=/blog/101/cara-terbaik-menjaga-kesehatan/

 

 

sumber : http://annisa-fadilla.blogspot.co.id/2011/12/pentingnya-menjaga-kesehatan.html

Posted in KESEHATAN

menjaga kesehatan hati

Hati adalah organ tubuh manusia yang sangat penting sekali karena memiliki banyak fungsi. Tapi jarang orang yang benar-benar berpikir tentang anugrah Allah yang satu ini. Ada banyak sekali fungsi hati di dalam tubuh manusia diantaranya membersihkan darah dari zat beracun, pengolahan hemoglobin, penyimpan vitamin dan menolak infeksi. Mengingat begitu banyaknya fungsi hati bagi tubuh manusia, sudah seharusnya kita menjaga agar hati kita tetap sehat supaya bisa berfungsi dengan baik. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan hati:

menjaga kesehatan hati
ilustrasi menjaga kesehatan hati

1. Hindari minuman beralkohol. Untuk alasan apapun minuman beralkohol tidak boleh dikonsumsi karena dapat membahayakan bagi kesehatan terutama kesehatan hati. Hati bertanggung jawab untuk detoksifikasi alkohol sehingga mengkonsumsi minuman beralkohol akan membuat hati terus bekerja, tentunyta hal ini akan membuat kerja hati semakin keras.

2. Hindari makanan yang membuat anda alergi. Makanan yang membuat alergi akan melemahkan fungsi hati dan menekankan sistem kekebalan tubuh.

3. Hindari makanan berpengawet. Setiap Makanan  berpengawet akan disaring oleh hati, jadi mengkonsumsi makanan berpengawet ataupun berpewarna akan membuat kerja hati semakin berat. Selain itu, usahakan anda juga mengurangi makanan tinggi gula dan pemanis sintetis.

4. Kurangi lemak. Makanan yang mengandung tinggi lemak seperti gorengan, kentang goreng, hamburger dan makanan bersantan juga tidak baik untuk kesehatan hati. Jadi untuk menjaga kesehatan hati anda harus mengurangi makanan tersebut.

5. Minum lebih banyak air putih. Manfaat minum air putih sangat banyak sekali bagi kesehatan karena air dapat membantu detoksifikasi tubuh sehingga dapat meringankan kerja hati.

6. Konsumsi makanan seperti bawang putih, bawang merah dan brokoli karena makanan tersebut  mengandung belerang yang diperlukan tubuh untuk meningkatkan kemampuan detoksifikasi hati.

7. Minum teh hijau. Teh hijau adalah salah satu minuman yang mengandung tinggi antioksidan. Antioksidan dapat menangkal efek buruk radikal bebas dan membantu fungsi hati.

8. Makan lebih banyak sayur berdaun hijau. Mengganti kebiasaan makan anda dengan memilih sayur menjadi salah satu cara brilian untuk menjaga kesehatan hati, sayur mengandung rendah lemak, tinggi antioksidan dan kaya akan vitamin, sehingga dapat memberikan dorongan kesehatan kepada hati.

9. Kurangi Fruktosa. Zat ini sering ditemukan dalam banyak makanan baik secara alami atau sebagai tambahan. Seperti halnya alkohol, fruktosa juga dapat menyebabkan melemahnya fungsi hati jika dikosnumsi secara berlebihan.

10. Lemon dan air. Anda bisa membuat ramuan sederhana untuk menjaga kesehatan hati, caranya: campur perasan air lemon ke dalam segelas air kemudian minum di pagi hari sebelum makan atau mengkonsumsi makanan lainnya. Ramuan tersebut akan membantu detoksifikasi tubuh sehingga akan meringankan kerja hati.

Ada banyak alasan bagi anda untuk menjaga kesehatan hati, salah satunya karena organ ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk berbagai macam aktivitas. Mungkin sulit bagi anda melakukan semua tips di atas, tapi paling tidak lakukan apa yang bisa dan mungkin untuk dilakukan, insya Allah itu akan sangat berarti bagi kesehatan anda kedepannya.

sumber : http://www.manfaatcaramengatasi.com/2015/06/10-tips-menjaga-kesehatan-hati-anda.html
Posted in KESEHATAN

kesehatan MATA

sangatlah penting, karena sayang sekali pengelihatan kita hilang. Banyak yang menyatakan bahwa di bagian Asia Tenggara banyak sekali orang terkena penyakit mata. Sebelum terjadi sesuatu pada mata, alangkah baiknya kita menjaga dan merawatnya dengan benar.

Seperti di bawah ini kami membantu anda untuk menemukan apa-apa saja yang harus dilakukan untuk merawat mata dengan benar. Mata sangat rentan dan sensitive sekali, kita misalkan jika anda terlalu sering dan terlalu menggosok-gosok mata berlebihan, maka akan mendapat penyakit yang mungkin besar.

Selain hal itu, kita juga perlu datang ke dokter untuk berkonsultasi dengan teratur.

Merawat Kesehatan Mata

Wortel
Memang sudah rahasia umum, wortel mampu menjaga kesehatan mata. Wortel terkandung betakaroten akan menjadi Vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Pakai Pelindung Mata
Saat berkendara, sinar matahari, berolahraga, dan aktivitas lainnya, cobalah untuk menjaga mata tetap aman dan terhindari dari debu, maka kami menyarankan untuk melindungi mata anda dari hal itu.

Istirahat Cukup
Sama seperti anggota tubuh yang lainnya, mata juga butuh istirahat yang cukup. Seperti menonton dan depan komputer berjam-jam sangatlah membuat mata cukup lelah, maka dengan itu selangkanlah waktu sedikit untuk mengistirahatkan mata sejenak dengan melihat objek yang jauh. Kenapa dengan objek yang jauh? karena dengan melihat objek yang jauh maka ruang lingkup mata akan terbuka dan lebih menenangkan.

Telur
Memang telur sangat kaya akan Protein dan Vitamin. Telur juga memeliki Vitamin A yang tentunya sangat baik sekali untuk mata. Selain itu, kandungan Lutein dan Zeaxanthin yang ada di putih telur diketahui bisa mencegah penyakit katarak.

Periksa Mata

Jika mata anda terasa ada yang beda atau jika mata anda kemasukan benda-benda kecil, sebaiknya untuk memeriksa mata anda ke dokter.

sumber : http://kesehatan96.blogspot.com/2013/05/cara-merawat-kesehatan-mata.html
Posted in KESEHATAN

cara mencegah kanker

Mencegah kanker merupakan langkah yang terbaik sebab seperti ungkapan “mencegah lebih baik dari pada mengobati”, pencegahan membuat suatu kerusakan tidak perlu terjadi.

Demikian juga untuk penyakit kanker, mencegah kanker jauh lebih baik dibandingkan mengobatinya. Untuk mencegah kanker, diperlukan pengetahuan mengenai apa saja penyebab kanker sehingga kita bisa menghindari atau menangkal kemungkinan timbulnya akar-akar kanker tersebut. Berikut ini sepuluh tips jitu untuk mencegah kanker.

  • Memeriksa resiko karena keturunan
    Salah satu penyebab kanker berasal dari faktor keturunan. Jika ada orangtua atau saudara yang menderita kanker, sangat mungkin kanker juga menyerang anggota keluarga lainnya. Untuk itu mengetahui ada tidaknya anggota keluarga yang pernah terkena kanker sangat penting sebagai upaya mencegah kanker.
  • Menghindari makanan yang diasap dan dibakar
    Penyebab kanker lainnya adalah makanan yang diasap, dibakar, atau diasamkan. Contohnya seperti ikan asap atau makanan yang diacar. Makanan tersebut beresiko menimbulkan kanker. Oleh karena itu menghindari atau mengurangi frekuensi mengonsumsi makanan tersebut menjadi keharusan untuk mencegah kanker.
  • Menjauhi alkohol
    Sejak lama alkohol sudah sering disebut sebagai penyebab kanker. Untuk mencegah kanker, menghindari konsumsi alkohol merupakan langkah yang tepat.
  • Menghindari makanan dengan zat pewarna
    Banyak makanan saat ini dicampur dengan zat pewarna agar terlihat menarik. Padahal kandungan zat pewarna itu sangat berbahaya bagi tubuh dan dapat memicu kanker. Untuk mencegah kanker, sebaiknya usahakan menghindari makanan yang menggunakan zat pewarna. Makanan yang menggunakan zat pewarna dapat diketahui dari warna makanan yang terlihat jauh lebih menarik dibandingkan warna aslinya.
  • Menghindari rokok
    Seperti alkohol, rokok juga menjadi sumber penyebab berbagai penyakit tak terkecuali untuk penyakit kanker. Meninggalkan kebiasaan merokok atau berupaya menjauh dari orang yang sedang merokok adalah upaya baik untuk mencegah kanker.
  • Menghindari makanan berlemak
    Lemak menyebabkan banyak masalah dalam tubuh. Termasuk sebagai pemicu kanker. Untuk mencegah kanker, hindarilah makanan-makanan berlemak tinggi.
  • Makan makanan kaya serat
    Buah-buahan dan sayuran merupakan makanan kaya serat. Memperbanyak konsumsi makanan tersebut sangat baik untuk mencegah kanker.
  • Rutin olahraga
    Berolahraga merupakan cara yang baik untuk mencegah kanker. Sebab saat berolahraga, lemak dalam tubuh akan terbakar dan mempercepat metabolisme. Hal itu akan mencegah terjadinya kanker. Tidak harus berupa olahraga berat. Olahraga ringan seperti jalan sehat atau lari pagi bisa membantu mencegah kanker.
  • Konsumsi vitamin A, C, dan E
    Vitamin A, vitamin C, dan vitamin E memiliki kandungan antioksidan yang sangat berguna untuk mencegah kanker.
  • Perilaku seks sehat
    Tidak berganti-ganti pasangan dalam hubungan seks juga menjadi cara jitu mencegah kanker sebab timbulnya kanker juga dimungkinkan karena perilaku seksual yang tidak sehat.

Namun, bagaimana jika Anda merasa upaya pencegahan yang disebutkan di atas masih belum cukup? Atau, bagaimana jika Anda, teman Anda, atau bahkan keluarga Anda sudah terkena penyakit kanker? Mungkin herbal antikanker asal Papua, Sarang Semut, dapat menjadi solusi yang Anda butuhkan.

Apa itu Sarang Semut? Bagaimana Sarang Semut terbukti efektif menumpas kanker dan tumor?  Temukan jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam artikel Sekilas Sarang Semut dan dapatkan informasi menarik untuk mencegah dan mengobati kanker.

 

 

sumber : https://www.deherba.com/10-tips-jitu-mencegah-kanker.html

Posted in KESEHATAN

cara merawat rambut

Rambut yang sehat adalah simbol bagi kecantikan kaum wanita. Dari rambut yang terlihat terawat dan sehat, akan membuat aura Anda terpancar dan penampilan pun akan semakin menarik. Namun ada banyak masalah rambut yang harus dihadapi wanita akibat proses perawatan rambut secara kimiawi, seperti misalnya keluhan rambut bercabang, berketombe, kering, dan rambut yang rontok. Untuk mendapatkan rambut yang indah, ada banyak cara merawat rambut yang dapat Anda lakukan, baik lewat perawatan khusus di salon kecantikan, ataupun dilakukan sendiri dengan bahan-bahan alami yang terjamin keamanan dan kebersihannya.

Bagi Anda yang hobi mengganti model atau gaya rambut, pasti Anda sudah sangat akrab dengan proses pewarnaan, pelurusan atau catok, pemakaian hair spray untuk mempertahankan style rambut, bahkan hingga pemasangan hair extension untuk menambah panjang rambut secara instan. Ada kalanya rambut berada dalam kondisi lelah untuk menerima perawatan secara kimiawi lagi. Maka inilah saat yang tepat bagi Anda untuk ‘istirahat’ dari semua rutinitas styling rambut.

Cara Merawat Rambut Agar Tidak Rontok

cara-merawat-rambut

Namun dalam kondisi recovery ini, tentunya sering muncul beberapa masalah, seperti cara merawat rambut agar tidak rontok sebagai efek samping penggunaan aneka bahan kimiawi untuk perawatan rambut. Bila sudah begini, beralihlah ke cara alami yang lebih aman dan sehat untuk rambut Anda. Gunakan manfaat lendir aloevera atau lidah buaya untuk memijat bagian kulit kepala. Biarkan meresap kira-kira 15 menit, lalu bilaslah dengan air bersih. Kandungan vitamin alami yang dimiliki lidah buaya dipercaya memulihkan kekuatan akar dan batang rambut sehingga menghindarkan Anda dari kerontokan.

Selain menggunakan lidah buaya, Anda juga dapat menggunakan aneka minyak alami seperti misalnya minyak zaitun dan minyak kelapa yang dipanaskan. Pijatlah bagian kulit kepala dengan minyak alami ini, tutup dengan handuk atau shower cap, lalu biarkan selama kurang lebih satu jam. Proses pemanasan minyak berguna untuk mengaktifkan kandungan vitaminnya sehingga akan lebih efektif menjaga kekuatan rambut Anda.

Cara Merawat Rambut Bercabang

Karena banyaknya proses kimia yang telah kita lakukan terhadap rambut, terutama proses pewarnaan, biasanya hal ini mengakibatkan kondisi rambut yang kusam, kering, dan bercabang. Keadaan ini menjadi sangat tidak nyaman terlebih saat Anda merasakan tekstur rambut yang cenderung kering akibat banyaknya cabang.

Ada beberapa cara merawat rambut bercabang sehingga Anda tidak perlu memotong rambut kesayangan Anda, diantaranya adalah dengan menghindari pemakaian sisir yang rapat. Hindari juga pemakaian alat pemanas untuk rambut, seperti misalnya penggunaan hair dryer dan catok rambut. Jangan lupa untuk tidak menggosok rambut pada saat keramas, atau setelah keramas. Gunakan jari dengan pelan untuk merapikannya, biarkan kering secara alami, dan gunakan sisir dengan kerapatan yang renggang.

cara-merawat-rambut-agar-cepat-panjang

Rambut bercabang juga bisa diterapi dengan pemakaian kondisioner setelah keramas secara teratur. Kondisioner memiliki kandungan pelembab yang tinggi sehingga akan sangat baik untuk memperbaiki kondisi rambut yang kering dan kusam. Selain itu, sering-seringlah mengkonsumsi buah segar dan banyak air mineral, karena kandungan vitamin A, C, dan E nya berguna untuk menjaga keadaan rambut agar tetap sehat. Terakhir, potonglah ujung rambut setidaknya setiap 6 bulan sekali untuk menghilangkan ujung rambut yang telah tua, agar terhindar dari masalah rambut bercabang.

Cara Merawat Rambut Agar Cepat Panjang

Problem terakhir mengenai masalah rambut, adalah keinginan untuk memanjangkan rambut dengan cepat. Hal ini wajar diinginkan oleh setiap orang karena rambut yang lebih cepat panjang akan lebih mudah untuk dikreasikan. Berikut cara merawat rambut agar cepat panjang yang pertama, yaitu dengan memakan makanan sehat dengan tingkat protein yang tinggi. Konsumsilah telur, susu, dan aneka olahan daging, dengan didampingi jenis makanan yang kaya akan kandungan biotin.

Jenis-jenis makanan ini berguna untuk menjaga kekuatan rambut dan memberi rangsangan agar rambut tumbuh lebih cepat. Yang kedua, adalah dengan menggunakan kondisioner pada batang hingga ujung rambut setelah keramas. Lanjutkan dengan pemakaian minyak zaitun atau madu alami yang memiliki banyak kandungan vitamin E, kalsium, dan magnesium, yang berguna membuat rambut panjang terjaga kesehatannya.

Selain itu, rajinlah untuk memijat kulit kepala dengan lembut. Pemijatan rutin ini akan berguna untuk melancarkan peredaran sel-sel darah, sehingga membuat berbagai zat yang Anda gunakan untuk perawatan rambut mudah diterima dan meresap, sehingga pertumbuhan rambut akan terangsang lebih cepat.

Sebaiknya hindari proses pemanasan rambut dengan berbagai alat kecantikan elektronik, dan hindari keramas setiap hari, karena hanya akan menghilangkan kelembaban alami rambut, sehingga nantinya akan menyebabkan kerontokan. Alih-alih mendapat rambut yang panjang dan lebat, Anda malah harus pusing dengan masalah kerontokan dan kondisi rambut yang kering. Keramaslah maksimal dua kali sehari. Terakhir, hindari stress dan lakukan gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga.

sumber : http://aylacream.com/cara-merawat-rambut-agar-cepat-panjang-tidak-rontok-bercabang.html

Posted in KESEHATAN

10 cara alami mengobati Batuk

Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak. Batuk merupakan penyakit yang berasal dari virus. Biasanya batuk juga disertai oleh flu dan disertai denga dahak. Penyakit ini akan sangat menyiksa anda, selain karena dada sakit sebab terjadi banyak gerakan saat batuk, ia juga akan mengganggu tidur jika tiba-tiba anda harus terbangun saat batuk.

Banyak sekali ragam dan jenis batuk serta penyebab atau gejala penyakit apa yang ditimbulkan oleh batu yang anda derita. Biasanya batuk hanya karena virus biasa, namun banyak pula merupakan gejala penyakit yang lebih kronis seperti bronchitis, TBC dan juga jantung. Salah satu yang paling sering menyerang orang adalah batuk berdahak. Saat mengalami ini jangan langsung menyimpulkan bahwa penyakit ini hanyalah batu biasa. Namun sebelumnya cobalah beberapa cara alami dalam mengobati penyakit berdahak sebelum anda mengunjungi dokter.

Mengobati batuk dengan alami tentunya baik untuk anda aplikasikan, selain harus mengobatinya dengan obat dokter juga harus ditunjang dengan beberapa treatment.

  Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak

Batuk berdahak
Ilustrasi Mengalami Penyakit Batuk Berdahak

Berikut 10 cara mudah mengobati batuk berdahak secara alami

1. Teh Jahe

Teh Jahe

Irisan jahe sebaiknya anda campurkan dengan teh. Teh jahe sangatlah baik untuk mengatasi batuk berdahak dan telah dipercaya oleh banyak masyrakat di negara-negara Asia. Mengonsumsinya 2 kali dalam sehari akan membantu anda untuk mengatasi batuk berdahak.

2. Belimbing Wuluh

Belimbing Wuluh

Membuat ramuan dengan belimbing wuluh akan sangat bermanfaat. Bunga belimbing wuluh juga terbukti dapat membantu meringankan batuk. Ambil kira-kira satu genggam bunga belimbing wuluh, kemudian campurkan dengan beberapa butir adas, tambahkan gula dan secangkir air, lalu ditiriskan. Setelah agak dingin, saringlah ramuan tersebut dan siap untuk diminum.

3. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis

Tentunya jeruk nipis juga akan sangat membantu.. Perasaan air jeruk nipis dicampus dengan madu dan air matang. 1 sendok makan air jeruk nipis dan 3 sendok makan madu murni serta 5 sendok makan air matang ditim selama 30 menit. Takaran untuk meminum ramuan ini adalah 1 sendok teh sehari dua kali. Obat batuk tradisional lainnya yang terbuat dari jerun nipis adalah campuran jeruk nipis dan kecap. Ramuan ini lebih gampang, air jeruk nipis hanya dicampur dengan kecap dan diminum sehari dua kali sebanyak satu sendok teh.

4. Kunyit

kunyit

Kunyit merupakan salah satu bahan untuk meredekan batuk berdahak. Tambahkan 1/2 sendok teh kunyit yang telah ditumbuk dan madu ke dalam satu gelas susu. Kunyit mempunyai khasiat alami yang bisa menghilangkan batuk. Kunyit memang adalah salah satu rempah yang sangat ampuh mengobati beragam penyakit.

5. Madu dan Lada Putih

Madu

Lada putih juga memiliki khasiat yang baik. Campurkanlah lada putih pada teh madu anda maka batuk berdahak bisa anda atasi secepatnya. Lada putih yang memiliki sensasi panas akan merangsang dahak menjadi cair dan mengurangi sensasi batuk karena lendir.

6. Daun Asam Muda

Daun Asam Muda

Daun asam muda juga dapat berfungsi menyembuhkan batuk kering. Caranya, ambil daun asam muda setengah genggam, kemudian campurkan dengan daun saga manis, kayu manis, dan gula batu secukupnya. Rebus dengan api kecil sampai mendidih dan saring. Ramuan obat siap untuk diminum.

7. Kemangi

Kemangi

Daun kemangi selain memiliki wangi yang khas, ia juga bisa anda gunakan sebgai nahan ramuan untuk mengatasi batuk berdahak. Sediakan 1-2 gelas air putih, 2-3 daun kemangi, dan rebus menjadi satu. Minum ramuan hangat ini supaya batuk leikas hilang.

8. Daun Sirih

Daun Sirih

 

Ramuan yang berbahan dasar daun sirih ini, tentunya memiliki rasa yang cukup aneh. dengan mengambil sirih kira-kira lima lembar, tambahkan cengkeh, kemukus, kapulaga, dan kayu manis. Kemudian rebus semua bahan dengan air sebanyak dua gelas. Tunggu hingga air rebusan menjadi kira-kira satu setengah gelas. Angkat dan saring air tersebut. Minum kira-kira satu sendok makan sebanyak tiga kali sehari.

9 . Bunga Mawar

Bunga Mawar

Selain indah dan menawan bunga mawar juga menyimpan khasiat yang bagus.Bunga mawar ternyata juga berkhasiat untuk menyembuhkan batuk. Resepnya adalah ambil bunga mawar segar kira-kira sepuluh gram, kemudian tim dengan air secukupnya dan tambahkan gula batu sesuai selera. Minum sebanyak dua kali sehari.

10. Perbanyak minum air putih Hangat

minum air putih Hangat

Air hangat akan sangat membantu untuk melancarkan dahak keluar dari tenggorokan, sehingga batuk berdahak dapat anda obati dengan alami dengan mengonsumsi air hangat.

Terima kasih telah membaca 10 cara alami mengobati batuk berdahak dan kering dengan cepat. Semoga dengan artikel diatas sahabat blog dokter dapat mengobati batuk berdahak dan sembuh total.

 

sumber : https://inti-kesehatan.blogspot.co.id/2013/11/10-cara-alami-mengobati-batuk-berdahak.html

Posted in KULINER NUSANTARA

resep soto daging Madura

Mendengar kota Madura pasti yang terlintas dibenak kita sate Maduranya yang sangat enak serta memiliki bumbu kacang yang mantap. Tapi ternyata tak cuma itu saja loh sobat ! Kota Madura juga memiliki kuliner lain yang juga sama-sama nikmat seperti yang saya posting kali ini yakni resep soto daging asli Madura yang paling enak dan mudah cara bikinnya.

Soto Daging Asli Madura, Resep Soto Daging Asli Madura, Soto Daging Asli Madura ini sangat lezat dan mantap, Soto Daging Asli Madura ini sangat menggugah selera, Soto Daging Asli Madura juga memiliki kandungan gizi yang sangat baik, Soto Daging Asli Madura ini memiliki citarasa yang khas, Soto Daging Asli Madura sangat enak disantap disiang hari, Soto Daging Asli Madura ini juga cocok disantap saat rame-rame, Soto Daging Asli Madura ini sungguh mengesankan, Soto Daging Asli Madura ini bikin siapapun menjadi ketagihan, Soto Daging Asli Madura bisa membuat nafsu makan bertambah, Soto Daging Asli Madura bikin lidah gak mau berhenti untuk makan

Resep Soto Daging Asli Madura

Kota yang termasuk masih dalam kawasan Jawa Timur ini memang memiliki budaya yang sangat khas, itu terbukti dari cara bicaranya yang sangat khas. Walaupun begitu tidak menjadi suatu hal yang aneh untuk para pencinta kuliner khususnya untuk mencicipi lezatnya soto daging asli madura ini.

Resep soto daging asli Madura ini sangat mudah cara membuatnya, tidak ada trik khusus dalam pengolahan soto daging asli Madura ini. Dari bahan dasar dan juga bumbu-bumbunya tidak jauh berbeda dari soto lainnya yang juga sama-sama enak. Resep soto daging asli Madura ini pasti bisa membuat suasana makan Anda hari ini akan lebih terasa berbeda. Yuk kita intip resep dan cara membuatnya dibawah ini.

Bahan untuk Soto Daging Asli Madura:

  • Air kaldu sapi 2,5 liter
  • Daging sapi 250 gram, rebus, potong-potong
  • Paru 100 gram, rebus, potong-potong
  • Babat 100 gram, rebus, potong-potong
  • Bawang daun prei 2 batang, potong 2 cm
  • Seledri 1 batang
  • Daun jeruk 5 lembar
  • Serai 1 batang, memarkan

 

Bumbu yang dihaluskan:

  • Bawang merah 6 siung
  • Bawang putih 2 siung
  • Jahe segar 3 cm
  • Kunyit 2 cm
  • Merica 1/2 sendok teh
  • Beras 50 gram, rendam
  • Garam dan gula pasir secukupnya

 

Pelengkap:

  • Sambal cabe
  • Jeruk nipis
  • Telur ayam 4 butir, rebus, belah 2
  • Bawang merah goreng

Cara Membuat:

  1. Rebus air kaldu bersama bumbu halus hingga mendidih, angkat dan saring.
  2. Rebus kembali ari kaldu bersama daging sapi, paru dan babat hingga lunak.
  3. Masukkan bawang daun, seledri, daun jeruk dan serai, masak diatas api kecil hingga mendidih dan matang, angkat.
  4. Sajikan hangat dengan pelengkap.

Wah,, resep soto daging asli Madura ini setelah ditelusuri lebih lanjut ternyata sangatlah mudah bukan ? Tak heran banyak orang menjadikan resep soto asli Madura ini sebagai pilihan untuk berganti menu ditiap harinya. Karena memang cara bikinnya sangat mudah, dan yang penting lagi bukan cuma mudah untuk membuatnya rasanya tuh enak banget jadi jika Anda membuat soto daging Madura ini dijamin deh bakalan langsung nambah nafsu makan.

Karena bikinnya sangat mudah dan bahannya pun juga mudah untuk didapatkan jadi tunggu apalagi, ayo buruan siapin semua kelengkapannya dan buruan tancap gas didapur rumah Anda. Buktikan sendiri kelezatan dari soto daging asli Madura ini di meja makan Anda. Selamat mencoba resep ini dan semoga Anda puas dengan resep yang saya berikan kali ini.

Resep soto madura, resep soto daging madura, resep soto daging madura asli, soto madura, soto daging madura, resep soto madura asli, cara membuat soto madura, bumbu soto madura, bumbu soto daging madura, bumbu soto daging madura asli, soto daging madura asli, resep soto madura daging, cara membuat soto daging madura, resep soto daging madura spesial, resep soto daging sapi madura, resep soto daging, Resep soto ayam madura, resep bumbu soto madura, Resep asli soto madura, cara bikin soto madura, resep soto daging jawa timur, resep membuat soto madura, cara buat soto madura, soto madura asli, resepsotomadura, soto madura resep, resep bumbu soto daging madura, cara membuat soto madura yang enak, resep soto madura asli enak, cara bikin soto daging madura.

 

 

sumber : http://www.kulinersehat.com/resep-soto-daging-asli-madura/

Posted in KULINER NUSANTARA

soto pakong khas pontianak

Sotong Pakong2
Cara pembuatan Sotong Pangkong khas Pontianak :
Bahan:
– Cumi yang telah dikeringkan 5 ekor
Bumbu:
– Bawang merah 2 siung
– Cabe rawit 3 buah
– Kacang tanah yang telah disangrai dan digerus halus
– Sedikit cuka

 

Peralatan:
– Pemanggang dan arang
– Palu kayu dan alasnya untuk meletakkan sotong yang akan dipangkong Gunting untuk memotong sotong
Piring
Cara membuatnya:
– Cumi kering tadi lalu dipanggang sampai harum. Terus dipangkong (dipukul-pukul dengan palu sampe empuk). Setelah itu dipotong-potong dan masukan dalam piring.
– Untuk membuat saus atau sambalnya, haluskan semua bahan dan campur dengan cuka dan air, jangan terlalu kental.

 

 

sumber : http://kuliner.ilmci.com/resep/2015/15/sotong-pakong-khas-pontianak.aspx

Posted in KULINER NUSANTARA

resep tumis tahu cabai SEMARANG

resep tumis tahu cabai

Bahan :

  • 9 buah tahu yang sudah digoreng, dibelah dua berbentuk segitiga.
  • 15 buah cabai hijau utuh (tdk dibuang tangkainya, dibelah tengahnya sedikit saja, jangan sampai terputus).
  • 4 buah bawang bombay ukuran kecil, dirajang halus (kalu tidak ada bisa diganti dengan bawang merah 5 siung)
  • 8 siung bawang putih dirajang halus
  • 4 ruas jahe, diiris tipi
  • sumber : http://kuliner.ilmci.com/resep/2015/24/tumis-tahu-cabai.aspx
Posted in KULINER NUSANTARA

RESEP sate banjar BANJARMASIN

Bahan:

  1. 250 gram fillet ayam, potong kotak
  2. 3 siung bawang putih
  3. 3 butir bawang merah
  4. 6 buah cabai merah keriting
  5. 1 sdt gula pasir
  6. 2 sdt garam
  7. 2 buah tomat, parut
  8. 2 sdm kecap manis
  9. 2 sdm minyak goreng
  10. Tusuk sate secukupnya

Cara Membuat:

  1. Haluskan bawang putih, bawang merah dan cabai merah. Tambahkan gula pasir, garam, tomat, kecap manis dan minyak goreng. Aduk rata.
  2. Lumuri potongan ayam dengan bumbu yang dihaluskan. Tusukkan daging ayam berbumbu tadi ke tusuk sate, biarkan selama 60 emnit.
  3. Bakar sambil sesekali diolesi bumbu hingga daging ayam matang. Sajikan selagi hangat.

Untuk 4-5 porsi

 

sumber :http://kuliner.ilmci.com/resep/2015/16/sate-banjar-banjarmasin.aspx