Posted in KULINER NUSANTARA

resep soto daging Madura

Mendengar kota Madura pasti yang terlintas dibenak kita sate Maduranya yang sangat enak serta memiliki bumbu kacang yang mantap. Tapi ternyata tak cuma itu saja loh sobat ! Kota Madura juga memiliki kuliner lain yang juga sama-sama nikmat seperti yang saya posting kali ini yakni resep soto daging asli Madura yang paling enak dan mudah cara bikinnya.

Soto Daging Asli Madura, Resep Soto Daging Asli Madura, Soto Daging Asli Madura ini sangat lezat dan mantap, Soto Daging Asli Madura ini sangat menggugah selera, Soto Daging Asli Madura juga memiliki kandungan gizi yang sangat baik, Soto Daging Asli Madura ini memiliki citarasa yang khas, Soto Daging Asli Madura sangat enak disantap disiang hari, Soto Daging Asli Madura ini juga cocok disantap saat rame-rame, Soto Daging Asli Madura ini sungguh mengesankan, Soto Daging Asli Madura ini bikin siapapun menjadi ketagihan, Soto Daging Asli Madura bisa membuat nafsu makan bertambah, Soto Daging Asli Madura bikin lidah gak mau berhenti untuk makan

Resep Soto Daging Asli Madura

Kota yang termasuk masih dalam kawasan Jawa Timur ini memang memiliki budaya yang sangat khas, itu terbukti dari cara bicaranya yang sangat khas. Walaupun begitu tidak menjadi suatu hal yang aneh untuk para pencinta kuliner khususnya untuk mencicipi lezatnya soto daging asli madura ini.

Resep soto daging asli Madura ini sangat mudah cara membuatnya, tidak ada trik khusus dalam pengolahan soto daging asli Madura ini. Dari bahan dasar dan juga bumbu-bumbunya tidak jauh berbeda dari soto lainnya yang juga sama-sama enak. Resep soto daging asli Madura ini pasti bisa membuat suasana makan Anda hari ini akan lebih terasa berbeda. Yuk kita intip resep dan cara membuatnya dibawah ini.

Bahan untuk Soto Daging Asli Madura:

  • Air kaldu sapi 2,5 liter
  • Daging sapi 250 gram, rebus, potong-potong
  • Paru 100 gram, rebus, potong-potong
  • Babat 100 gram, rebus, potong-potong
  • Bawang daun prei 2 batang, potong 2 cm
  • Seledri 1 batang
  • Daun jeruk 5 lembar
  • Serai 1 batang, memarkan

 

Bumbu yang dihaluskan:

  • Bawang merah 6 siung
  • Bawang putih 2 siung
  • Jahe segar 3 cm
  • Kunyit 2 cm
  • Merica 1/2 sendok teh
  • Beras 50 gram, rendam
  • Garam dan gula pasir secukupnya

 

Pelengkap:

  • Sambal cabe
  • Jeruk nipis
  • Telur ayam 4 butir, rebus, belah 2
  • Bawang merah goreng

Cara Membuat:

  1. Rebus air kaldu bersama bumbu halus hingga mendidih, angkat dan saring.
  2. Rebus kembali ari kaldu bersama daging sapi, paru dan babat hingga lunak.
  3. Masukkan bawang daun, seledri, daun jeruk dan serai, masak diatas api kecil hingga mendidih dan matang, angkat.
  4. Sajikan hangat dengan pelengkap.

Wah,, resep soto daging asli Madura ini setelah ditelusuri lebih lanjut ternyata sangatlah mudah bukan ? Tak heran banyak orang menjadikan resep soto asli Madura ini sebagai pilihan untuk berganti menu ditiap harinya. Karena memang cara bikinnya sangat mudah, dan yang penting lagi bukan cuma mudah untuk membuatnya rasanya tuh enak banget jadi jika Anda membuat soto daging Madura ini dijamin deh bakalan langsung nambah nafsu makan.

Karena bikinnya sangat mudah dan bahannya pun juga mudah untuk didapatkan jadi tunggu apalagi, ayo buruan siapin semua kelengkapannya dan buruan tancap gas didapur rumah Anda. Buktikan sendiri kelezatan dari soto daging asli Madura ini di meja makan Anda. Selamat mencoba resep ini dan semoga Anda puas dengan resep yang saya berikan kali ini.

Resep soto madura, resep soto daging madura, resep soto daging madura asli, soto madura, soto daging madura, resep soto madura asli, cara membuat soto madura, bumbu soto madura, bumbu soto daging madura, bumbu soto daging madura asli, soto daging madura asli, resep soto madura daging, cara membuat soto daging madura, resep soto daging madura spesial, resep soto daging sapi madura, resep soto daging, Resep soto ayam madura, resep bumbu soto madura, Resep asli soto madura, cara bikin soto madura, resep soto daging jawa timur, resep membuat soto madura, cara buat soto madura, soto madura asli, resepsotomadura, soto madura resep, resep bumbu soto daging madura, cara membuat soto madura yang enak, resep soto madura asli enak, cara bikin soto daging madura.

 

 

sumber : http://www.kulinersehat.com/resep-soto-daging-asli-madura/

Posted in KULINER NUSANTARA

soto pakong khas pontianak

Sotong Pakong2
Cara pembuatan Sotong Pangkong khas Pontianak :
Bahan:
– Cumi yang telah dikeringkan 5 ekor
Bumbu:
– Bawang merah 2 siung
– Cabe rawit 3 buah
– Kacang tanah yang telah disangrai dan digerus halus
– Sedikit cuka

 

Peralatan:
– Pemanggang dan arang
– Palu kayu dan alasnya untuk meletakkan sotong yang akan dipangkong Gunting untuk memotong sotong
Piring
Cara membuatnya:
– Cumi kering tadi lalu dipanggang sampai harum. Terus dipangkong (dipukul-pukul dengan palu sampe empuk). Setelah itu dipotong-potong dan masukan dalam piring.
– Untuk membuat saus atau sambalnya, haluskan semua bahan dan campur dengan cuka dan air, jangan terlalu kental.

 

 

sumber : http://kuliner.ilmci.com/resep/2015/15/sotong-pakong-khas-pontianak.aspx

Posted in KULINER NUSANTARA

resep tumis tahu cabai SEMARANG

resep tumis tahu cabai

Bahan :

  • 9 buah tahu yang sudah digoreng, dibelah dua berbentuk segitiga.
  • 15 buah cabai hijau utuh (tdk dibuang tangkainya, dibelah tengahnya sedikit saja, jangan sampai terputus).
  • 4 buah bawang bombay ukuran kecil, dirajang halus (kalu tidak ada bisa diganti dengan bawang merah 5 siung)
  • 8 siung bawang putih dirajang halus
  • 4 ruas jahe, diiris tipi
  • sumber : http://kuliner.ilmci.com/resep/2015/24/tumis-tahu-cabai.aspx
Posted in KULINER NUSANTARA

RESEP sate banjar BANJARMASIN

Bahan:

  1. 250 gram fillet ayam, potong kotak
  2. 3 siung bawang putih
  3. 3 butir bawang merah
  4. 6 buah cabai merah keriting
  5. 1 sdt gula pasir
  6. 2 sdt garam
  7. 2 buah tomat, parut
  8. 2 sdm kecap manis
  9. 2 sdm minyak goreng
  10. Tusuk sate secukupnya

Cara Membuat:

  1. Haluskan bawang putih, bawang merah dan cabai merah. Tambahkan gula pasir, garam, tomat, kecap manis dan minyak goreng. Aduk rata.
  2. Lumuri potongan ayam dengan bumbu yang dihaluskan. Tusukkan daging ayam berbumbu tadi ke tusuk sate, biarkan selama 60 emnit.
  3. Bakar sambil sesekali diolesi bumbu hingga daging ayam matang. Sajikan selagi hangat.

Untuk 4-5 porsi

 

sumber :http://kuliner.ilmci.com/resep/2015/16/sate-banjar-banjarmasin.aspx

Posted in KULINER NUSANTARA

makanan khas ACEH

10 Makanan Khas Nanggro Aceh Darussalam, halo!! para traveler… gak lengkap rasanya kalau kalian jalan – jalan di suatu tempat tanpa mencicipi makanan khas dari tempat tersebut.. nich!!! gua kasih info tentang makanan khas dari daerah yang sering disebut SERAMBI MEKAH… yaps!! Nanggro Aceh darussalam… semoga bermanfaat!!!
1. Manisan pala
Manisan pala bisa dibilang termasuk merupakan salah satu jenis makanan khas aceh, dan termasuk salah satu makanan ringan yang dapat di golongkan dengan kelompok manisan buah – buahan. Manisan sendiri ini dibuat dari pengusaha kecil yang ada di daerah penghasil pala. tepatnya di kabupaten Aceh Selatan, selain juga di oleh menjadi manisan, pala juga menjadi sirup, selain itu pala juga dapat mengobati luka, karna minyak pala memiliki khasiat yang tinggi.
manisan pala
jangan tanya rasanya vroh!! hhhhmmmmm!!! manyus dah… lo liat tuh.. fotonya aja bikin ngiileerr!! cocok buat buah tangan khas dari aceh
2.  Sanger
          Sanger, sejenis minuman yang hanya ada di Aceh. Sanger atau juga sering di sebut kopi sanger ini secara umum mirip dengan minuman capucino, mungkin capucino sih banyak ada di beda daerah namun tapi secara. kopi sanger ini memiliki rasa yang sangat khas dan berbeda dari rasa kopi lainnya. ada pula warung yang sangat terkenal menjual sanger ini terdapat di kawasan Ulee Karen dan Chek Yuke, tepatnya sebelahnya Masjid Raya Baiturahman, banda Aceh.
Sanger
3.  Pisang Sale
Pisang Sale, merupakan salah satu tanaman yang sangat penting bagi kesehatan, pada umumnya pisang yang sudah matang dapat di olah dalam berbagi macam bentuk pisang, seperti kripik pisan, dan olahan pisang lain. namun disini Pisang Sale memiliki perbedaan seperti rasa yang khas, warna yang khas dan mak nyuss bila anda mencicipinya.
pisang sale
pisang sale
4.  Kembang loyang
kembang loyang salah satu kue yang juga ada di berbagi daerah, bila dijawa timur, kue ini bernama kue matari. dan kue ini biasanya disajikan ketika musim lebaran dan ketika reunian bersama keluarga.
kembang loyang
5.  Lepat
Lepat adalah kue yang mirip dengan (lemper) yang ada di jawa tapi isiannya yang beda kalau lemper isiannya abon atau cincangan daging tapi kalau lepat isianya gula merah.. ini sangat cocok disuguhkan pada saat puasa dan Hari Raya Idul Fitri..
lepat
6.  Rujak Aceh Samalanga
Rujak Aceh Samalanga, Rujak Aceh kali ini tidak boleh dan jangan sampai kelewatan jika anda lagi rest di aceh, . Samalanga merupakan salah satu kecataman yang terdapat di kabupaten Bireuen. rasanya tuh nano – nano…. asam , pedas , manis, jadi satu. dan yang menjadi daya tarik sendiri yaitu dengan adanya ulekan, karena hal itu belum lumrah hanya sekedar ulekan, karena ulekannya tersebut dapat menampung 50 Porsi.
rujak samalanga
7.  Keumamah
Keumamah, merupakan ikan kayi, dan ini menjadi salah satu daya tarik kuliner tersendiri bagi wisatawan. Selain memiliki rasa yang enak dan lezat, sebenarnya iklan ini terbuat dari ikan tuna yang telah direbus.
keumamah
8.  Kue Bhoi 
 kue bhoi
9.  Bohromrom
Bohromrom atau dikenal juga dengan kue boh duek beudeh alias klepon di daerah jawa, kue ini terbuat dari tepung ketan kemudian ditaburi dengan parutan kelapa.
kue bohromrom
10.  Meuseukat
Meuseukat, makanan terfavorit selanjutnya ialah Meuseukat yang termasuk makanan mirip dodol, dodol kali ini bukan dari garut, tapi dari dodol khas aceh yaitu dodol nanas.
sumber : http://www.wolesbanget.com/2015/10/10-makanan-khas-nanggro-aceh-darussalam.html
Posted in KULINER NUSANTARA

MAKANAN KHAS MALANG JAWA TIMUR

Jalan Jalan ke Malang jangan sampai terlewat tanpa mencoba makanan khas Malang yang terkenal enak dan lezat seantero Indonesia. Malang, salah satu kota di Jawa Timur yang sangat populer dengan produk buahnya yaitu apel malang. Tempat wisata di Malang juga cukup dikenal dan banyak wisatawan baik dalam negeri maupun manca negara berkunjung kesana. Tidak heran, kuliner khas Malang menjadi tersebar kemana-mana. Bagi sobat yang sedang di Malang, melakukan wisata kuliner di Malang tentu sangat mengasyikan. Karena banyak tempat makan enak di Malang dan sering dikunjungi oleh orang-orang terkenal seperti artis maupun pejabat tinggi pemerintahan.

Pada artikel ini kami bukan mau membahas tempat makan di Malang, tapi mau memberikan informasi ke sobat mengenai makanan khas Malang. Biasanya, ketika sudah sampai kota tujuan wisata pasti mencari apa ya yang khas dari kota ini, termasuk Malang. Kuliner khas Malang apa saja dan oleh oleh khas Malang yang biasa dibawa oleh para wisatawan itu apa saja, simak saja di artikel ini, yuk.

Makanan khas Malang Paling Enak dan Populer

1. Bakso Malang

bakso-malang makanan khas Malang

source: gophoto.us

Ini makanan khas Malang yang sudah terkenal di seluruh Indonesia bahkan mungkin sudah sampai ke luar negeri. Memang banyak masakan khas Indonesia berupa bakso, namun bakso Malang memiliki keistimewaan tersendiri. Dari penyajiannya, bakso Malang juga sangat unik, menampilkan ciri Malang sekali. Resep bakso Malang menggunakan berbagai bahan rempah yang ada di Indonesia dengan bahan utama adalah daging sapi. Biasanya disajikan bersama dengan mie kuning, siomay, tahu, pangsit goreng serta kuah enak yang panas.

Baca juga: Makanan Khas Jawa Timur Paling Dicari

Masakan khas Malang ini banyak sekali penggemarnya termasuk para pemimpin negara kita, Presiden. Sehingga di Malang ada satu kedai Bakso Malang yang selalu dikunjungi oleh Presiden2 di Indonesia sehingga dinamakan bakso Presiden. Bakso ini sangat terkenal dan sudah ada sejak tahun 1972. Kalau sobat mau makan di Bakso Presiden, lokasinya ada di Jalan Batanghari No. 5 Malang.

2. Rawon

masakan khas malang nasi rawon

Makanan khas Malang selanjutnya yang sangat kami rekomendasikan untuk sobat adalah Rawon. Kuliner khas Malang ini juga sudah sangat populer di Indonesia. Rawon sudah menjadi menu favorit bahkan menjadi menu utama di hotel dan restoran terkenal. Apa yang istimewa dari Rawon Malang sehingga menjadi makanan mewah? Dilihat dari penampilannya memang rawon sangat istimewa.

Meskipun terlihat hitam, tapi ketika mencoba mencicipi rasanya super mantab. Rawon terbuat dari daging sapi yang diberi kuah berwarna hitam. Warna hitam itu berasal dari bumbu khas namanya klewek atau kluwek. Silahkan sobat rasakan dan nikmati kelezatan nasi rawon kuliner asli Malang.

3. Cwie Mie

Cwie Mie kuliner khas malang

Mungkin terdengar aneh ditelinga nama makanan khas Malang ini yaitu “Cwie Mie”. Namun kata belakangnya Mie, memang Cwie Mie berbahan dasar mie. Sajian Cwie Mie kuliner khas Malang, mirip dengan mie ayam, perbedaannya pada sayuran yang digunakan dan tekstur ayamnya. Kalau mie ayam menggunakan sayur sawi dan ayamnya lebih kasar/ tebal. Kalau Cwie Mie menggunakan sayur selada dan daging ayamnya lebih halus. Selain itu, daging ayamnya sedikit asin dan berwarna polos berbeda dngan mie ayam yang berwarna coklat dan rasanya lebih manis. Pasti sobat penasaran kan dengan masakan khas Malang ini? Jangan lupa nikmati Cwie Mie dengan kuah yang gurih dan aromanya mantab.

4. Sego Goreng Mawut

nasi Sego Goreng Mawut makanan khas malang

Masih tentang masakan khas Malang yaitu Sego goreng mawut. Sajian nasi goreng memang banyak pada kuliner khas Indonesia termasuk di Malang. Keistimewaan dari sego/ nasi goreng mawut Malang adalah adanya perpaduan antara nasi dan mie goreng. Pasti menikmati nasi goreng biasa dengan sego goreng mawut makanan khas malang ini pasti berbeda dan memiliki sensasi tersendiri di lidah. Kuliner Malang ini banyak ditemukan di berbagai tempat di Malang.

5. Orem-orem

Orem-Orem-masakan khas malang

Berlanjut ke makanan khas Malang lainnya yaitu orem orem. Kuliner khas Malang ini diracik menggunakan bahan seperti ketupat, tempe dan ayam. Ayamnya sendiri telah dimasak bersama dengan kuah bersantan kental. Orem orem disantap bersama dengan ketupat yang diris, tauge rebus dan tempe selanjut disiram dengan kuah kental yang enak rasanya. Ciri khas orem orem adalah rasanya agak pedas.

6. Soto Kambing

soto-kambing kuliner malang

Berbeda dengan kebanyakan resep soto yang biasanya menggunakan daging sapi atau daging ayam sebagai bahan utamanya. Makanan khas Malang ini menggunakan daging kambing sebagai bahan utama untuk membuat soto. Soto kambing merupakan makanan tradisional Malang yang dibuat dengan cara alami. Pembuatannya saja masih menggunakan kayu bakar, sehingga aromanya tetap segar dan alami. Soto kambing dijual oleh penjual pikulan, tepatnya di Malang Utara arah ke Batu.

7. Wedang Angsle

minuman khas tradisional malang wedang amgsle

Selanjutnya beralih ke minuman khas Malang yaitu wedang Angsle. Kalo sobat pernah mencoba wedang ronde, bentuk dan rasa wedang Angsle seperti wedang ronde. Isinya juga hampir miriplah sama wedang ronde, ada kacang tanah dan roti. Perbedaannya mungkin pada putu mayang, kacang hijau yang telah direbus, bubur mutiara, tape singkong dan ketan putih hasil kukusan. Perbedaan lain, wedang angsle menggunakan santan, kalau wedang ronde tanpa santan. Mengkonsumsi wedang Angsle di Malang pada malam hari adalah pilihan pas, mengingat Malang adalah daerah dengan suhu udara dingin terutama di malam hari.

8. Bakso Bakar

bakso-bakar makanan khas malang

Selain bakso malang, makanan khas Malang lainnya yang berupa bakso adalah bakso bakar. Namanya saja bakso bakar, pasti pengolahannya dengan cara dibakar. Bakso yang telah direbus, kemudian ditusuk seperti sate lalu dibakar. Bumbu yang digunakan adalah sambal kecap yang dicampur dengan saos.

9. Menjes Malang

Menjes_makanan ringan khas malang gan

Sisa pengolahan tahu bagi masyarakat Indonesia memang masih sangat berguna. Di beberapa daerah bahkan diolah menjadi makanan yang rasanya enak. Seperti halnya di Malang, ampas tahu dimanfaatkan untuk membuat kuliner khas Malang yaitu Menjes. Menjes adalah hasil pengolahan ampas tahu yang difermentasikan. Bentuk akhirnya seperti tempe. Menjes digoreng dengan tepung dan disantap selagi hangat adalah kenikmatan tersendiri. Apalagi jika ditambah dengan cabe rawit hijau, makin nikmat rasanya.

10. Mendol Tempe

mendol-tempe-cemilan ringan malang

Makanan khas malang terakhir yang kami rekomendasikan untuk sobat adalah mendol. Mendol dibuat dari tempe, dengan bentuk lonjong seperti comro. Untuk membuat mendol, tempe dihaluskan terlebih dahulu baru kemudian dibentuk bulat dan dilonjongkan. Baru setelah itu dibumbui dan digoreng.

Oleh Oleh Khas Malang, Jangan Sampe Ketinggalan

Berwisata ke luar kota tanpa membawa oleh oleh rasanya seperti hampa dan seperti tidak piknik. Kalau sobat bingung mencari oleh oleh khas Malang untuk dibawa kembali ke kota asal, ini kami berikan rekomendasi oleh oleh khas Kota Malang.

1. Aneka keripik

aneka keripik oleh oleh khas malang

Selain dikenal sebagai pusat kuliner dan wisata, Malang juga terkenal dengan keripiknya. Banyak keripik hasil olahan masyarakat Malang yang unik dan mungkin sobat akan terheran-heran. Hampir semua produk makanan bisa dijadikan keripik di Malang. Ada keripik tempe, singkong, keripik aneka buah. Kalau keripik buah apel pasti ada di kota Malang. Rasanya pun bermacam-macam, mulai dari rasa balado, jagung manis, jagung bakar, keju dan lain-lain.

Kalau sobat mau mencari makanan khas Malang berupa keripik untuk dijadikan oleh oleh khas Malang, datang saja ke Jalan Sanan. Di daerah Sanan Malang ada pusat industri pengolahan keripik asli Malang. Ada toko keripik yang cukup terkenal di Sanan Malang, yaitu Toko Keripik Tempe Alnier. Tepatnya di Jalan Sanan No 142, Malang.

2. Pia

Oleh-oleh khas Malang Kue Pia

Oleh oleh khas Malang selanjutnya yaitu Pia. Makanan ringan dari Malang ini lebih awet dan tahan lama. Salah satu toko penjual pia Malang ada Toko Kue Pia Cap Mangkok. Pia mirip dengan makanan khas Jogja yaitu bakpia pathok, perbedaannya pia Malang lebih kering. Rasa Pia yang bisa dipilih adalah rasa coklat, kacang hijau, rasa keju, durian bahkan kopi.

Setelah tahu apa saja makanan khas Malang, kira-kira sobat akan mencoba dulu yang mana? Yang berkuah atau tidak berkuah. Atau mau sekalian beli oleh oleh khas Malang seperti pia atau keripik apel. Demikian informasi kuliner khas Malang ini, mudah-mudahan bermanfaat.

 

sumber : http://sobatinfo.com/makanan-khas-malang/

Posted in KULINER NUSANTARA

15 kuliner khas surabaya

Sebelumnya Hipwee sudah pernah mengulas tentang kekayaan kuliner kota-kota di Indonesia. Solo boleh mengandalkan nasi liwetnya, Semarang punya lumpia, dan Jogja dengan sambel mercon yang rasa pedasnya menggugah selera.

Nah di artikel kali ini, Hipwee bakal mengulas kekayaan kuliner yang dimiliki kota Surabaya. Punya aneka makanan dengan cita rasa yang berbeda dari kota-kota lainnya, Surabaya pas banget lho dijadikan tujuan wisata kulinermu. Ini nih 15 destinasi kuliner yang dibilang “ciamik soro” sama arek-arek Suroboyo!

1. Kamu yang pengen menjajal kuliner khas Suroboyo, wajib banget mencicipi lezatnya Sate Klopo.

Seperti sate-sate lainnya, sate klopo pun terbuat dari daging dan bukannya kelapa yang dibikin sate lho. Bedanya, Sate Klopo juga mencampurkan jeroan dan lemak sapi. Selain itu, sate ini akan dilumuri parutan kelapa terlebih dahulu sebelum dibakar.

Kamu bisa menemukan banyak penjaja Sate Klopo di Surabaya, tapi salah satu yang paling terkenal adalah warung Sate Klopo Ondomohen Bu Asih yang terletak di Jalan Walikota Mustajab no 36, Surabaya. Untuk mencicipi sate ini kamu perlu sedikit bersabar. Pasalnya meski terlihat sederhana, warung sate klopo yang satu ini tak pernah sepi pelanggan.

2. Nasi Goreng Jancuk gak boleh dilewatkan. Rasa pedas dan porsinya yang super besar pasti bakal bikin kamu ketagihan.

Saat berkunjung ke Surabaya, Nasi Goreng Jancuk adalah salah satu yang gak boleh kamu lewatkan. Nasi goreng ini terkenal karena porsinya yang luar biasa banyak dan rasa pedasnya yang maksimal. Kuliner ini cocok bagi banget buat kamu yang memang doyan makanan pedas. Satu porsi nasi goreng ini bisa dinikmati untuk 4 sampai 5 orang dengan harga sekitar 100-an saja.

3. Nikmati juga segar dan gurihnya Soto Lamongan Cak Haryang konon paling terkenal di Surabaya.

Meski bukan makanan asli Surabaya, Soto Lamongan terbilang popule di Surabaya. Berbeda dengan soto-soto di Jawa Tengah yang biasanya berkuah bening, Soto Lamongan ini justru dimasak dengan santan sehingga rasanya lebih gurih dan kental. Salah satu yang paling terkenal adalah Soto Lamongan Cak Har yang ada di Jalan Ir. Soekarno, Surabaya.

4. Semur daging berpadu dengan serundeng dan sambal terasi dapat kamu nikmati dalam seporsi Nasi Krawu ini!

Sayang banget kalau kamu datang ke Surabaya tanpa sempat menjajal penganan bernama Nasi Krawu ini. Berasal dari Gresik, Nasi Krawu merupakan perpaduan antara nasi putih yang pulen dengan semur daging, jeroan sapi, serundeng, dan sambal terasi.

Nasi Krawu pas bila disantap saat sarapan. Nasi putih yang hangat berpadu dengan aneka lauk berbumbu gurih tentu akan memuaskan lidah dan perutmu. Jangan ragu untuk berkeliling kota Surabaya dan berburu kuliner yang satu ini, ya!

5. Berkunjung ke Surabaya gak lengkap rasanya tanpa mencicipi Rujak Cingur yang bahkan sudah terkenal di seantero Indonesia.

Ingat Surabaya pasti ingat kuliner unik Rujak Cingur. Yup! Rujak Cingur memang terbilang kuliner yang unik karena isiannya terdiri dari aneka sayur, buah-buahan, dan lontong yang disiram bumbu kacang dan petis. Keunikannya karena kuliner khas Surabaya ini juga menggunakan cingur alias hidung kerbau sebagai bahan utama. Nah kamu berani coba gak?

6. Pengen menyantap kepiting saat di Surabaya? Langsung meluncur ke Warung Kepiting Cak Gundul saja!

Nama warung kepiting yang satu ini memang sudah tersohor. Pasalnya, Warung Kepiting Cak Gundul sudah ada di Surabaya sejak tahun 1992 dengan salah satu menu andalannya yaitu kepiting bumbu kare dan kepiting asam manis. Berlokasi di Jalan Kupang Indah, kamu juga bisa menyantap aneka makanan laut seperti kerang, ikan, udang dan cumi di warung ini.

7. Meski tampilannya sederhana, Tahu Tek adalah salah satu kuliner yang jadi primadona di Surabaya.

Sepiring tahu tek berisi tahu goreng, lontong, dan kentang yang digunting di atasnya. Ya, bahan-bahan yang digunting dan bukan diiris dengan pisau adalah keunikan dari panganan ini. Setelahnya ditambahkan kecambah dan taburan seledri serta disiram petis di atasnya. Tak lupa ditambahkan kerupuk juga sebagai pelengkap.

Dari segi tampilan, kuliner rujak cingur boleh dibilang sederhana. Harga seporsinya pun terbilang murah karena dibanderol mulai dari 8 ribu saja. Tapi jangan salah, kuliner yang menjadi ciri khas kota Surabaya ini boleh dibilang sebagai primadona kuliner Surabaya lho!

8. Menu boleh sama, tapi soal rasa pastilah berbeda. Jangan lupa mampir ke Warung Bebek Tugu Pahlawan jika bertandang ke Surabaya.

Kamu yang arek Suroboyo asli pasti sudah kenal tempat ini. Lokasinya berada tepat di seberang Tugu Pahlawan dan hanya berupa warung tenda saja. Namun meski sederhana, warung yang mulai buka sejak jam 6 sore ini selalu ramai pengunjung. Seringkali para pengunjung atau pembeli harus rela mengantri demi mendapat seporsi nasi bebek hangat dengan sambalnya yang mantap.

9. Nama Rawon Setan memang sudah terkenal karena kelezatannya yang maksimal.

Rawon adalah makanan khas Jawa Timur, semacam soto tapi berkuah hitam pekat. Warna hitam ini berasal dari bumbu yang bernama kluwak. Rawon biasanya menggunakan bahan daging sapi yang telah dipotong-potong dadu, dan seringkali ditambahkan campuran jeroan atau kikil sapi.

Di Surabaya sendiri, kuliner rawon sudah jadi buruan para wisatawan. Salah satu yang paling terkenal adalah Rawon Setan karena potongan daging sapinya berukuran besar dan teksturnya empuk ketika digigit. Kalau berkunjung ke Surabaya, pokoknya kamu wajib coba deh!

10. Seumur hidup sekali pastikan kamu pernah menyambangi Surabaya dan menyantap Lontong Balap-nya!

Lontong balap boleh dibilang sebagai ikon kuliner kota Surabaya. Dinamakan lontong balap karena konon penjualnya menggunakan pikulan untuk menjajakan dagangannya. Lantaran berat, si penjual akan berjalan dengan tergesa-gesa sehingga seolah-olah seperti sedang balapan. Terdiri dari potongan lontong, tahu goreng, lentho plus taoge yang melimpah dan kemudian disiram kuah – kuliner ini dijamin nikmat untuk disantap.

11. Tahu Campur bisa jadi pilihan kuliner khas Surabaya nan lezat tapi gak bikin kantungmu sekarat.

Hampir mirip dengan lontong balap tadi, Surabaya juga punya kuliner lain bernama Tahu Campur. Bedanya, kudapan ini terdiri dari daging sapi, perkedel, tahu goreng, dan selada. Salah satu yang jadi rekomendasi adalah tahu campur di Jalan Kalasan No 22 Tambak Sari. Cukup dengan 8 ribu saja, kamu sudah bisa menjajal lezatnya Tahu Campur khas Surabaya.

12. Saat rasa lapar menyerang di malam hari, sambangi saja Warung Nasi CumiJalan Waspada ini.

Salah satu yang jadi daya tarik wisatawan adalah kuliner malam di Surabaya. Dari mulai bubur ayam hingga nasi goreng pun ada di sepanjang jalan-jalan protokol kota Surabaya. Dan salah satu yang layak dijajal adalah Warung Nasi Cumi di Jalan Waspada atau dikenal juga dengan Warung Nasi Cumi depan Pasar Atom.

Ada tiga macam menu nasi cumi yang ditawarkan disini, yaitu nasi cumi peyek, nasi campur dan nasi komplit. Jangan lihat tampilannya yang memang kurang menarik, tapi rasakan saja kelezatannya. Harga makanan di sini juga terbilang murah karena dibanderol mulai harga 15 ribuan saja.

13. Walaupun sudah hampir punah, Pecel Semanggi jadi kuliner khas Surabaya yang wajib kamu cicipi.

Semanggi adalah jenis tanaman yang daunnya bisa dimakan. Sama halnya seperti kangkung, bayam, daun pepaya, dan dedaunan lain yang biasa dimasak sayur. Semanggi di Surabaya dan beberapa daerah di Jawa Timur lainnya biasanya diolah menjadi pecel. Sayangnya, penjual Pecel Semanggi di Surabaya kini sudah semakin jarang sehingga kuliner yang satu ini dikhawatirkan akan punah.

14. Puas dengan berbagai santapan mengenyangkan, saatnya menikmati Es Krim Zangrandi yang menyegarkan.

Bagi kamu yang gemar menyantap es krim, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi es krim Zangrandi yang sudah melegenda di Surabaya. Gak cuma cita rasa es krimnya yang mewah, tempatnya pun juga nyaman buat nongkrong. Outlet es krim Zangrandi ini berada di Jalan Yos Sudarso dan sudah berdiri sejak 1933. Sampai sekarang tempat ini juga masih mempertahankan suasana restoran yang klasik dan otentik.

15. Khusus buat kamu yang bingung menentukan tujuan, Pakuwon Food Festival bisa jadi pilihan berburu kuliner khas Suroboyonan!

Nah buat kamu yang bingung saat menjelajah kota Surabaya untuk berburu kulinernya, bisa juga kok langsung menuju satu tempat bernama Pakuwon Food Festival. Di tempat ini sudah tersedia beragam jajanan dan kuliner khas Surabaya. Kamu bisa mengunjunginya saat malam hari dan menikmati kuliner di tempat ini akan terasa spesial karena diiringi alunan musik dan tempatnya yang nyaman.

Surabaya memang juara untuk urusan kulinernya. Saat liburan nanti, sempatkan untuk berkunjung ke kota ini demi memuaskan lidah dan perutmu, ya! Pokoke wuenak pol iki rek!

 

SUMBER : http://www.hipwee.com/travel/15-kuliner-khas-surabaya-yang-wajib-kamu-coba-arek-suroboyo-pasti-bilang-ciamik-soro/